Pemerintah Berencana Kembangkan INSW

By Admin

nusakini.com-- Pemerintah tengah merencanakan untuk melakukan pengembangan pada Indonesia National Single Window Generasi 2 (INSW Gen – 2). Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, ini merupakan salah satu wujud keseriusan pemerintah dalam membenahi kegiatan ekspor-impor. Salah satu pengembangannya adalah INSW Gen-2 akan menyediakan data ekspor-impor secara real time, sehingga dapat membantu proses pengambilan keputusan/kebijakan maupun untuk mengevaluasi pelaksanaan kebijakan Pemerintah. 

“Pengembangan INSW Gen-2 ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas cakupan layanan sistem INSW sehingga memudahkan pelaku usaha menjalankan kegiatan ekspor impor,” kata Darmin saat Rapat Koordinasi tentang INSW, seperti dilansir melalui laman Kemenko Perekonomian pada Rabu (25/05). Saat ini, sistem INSW baru pada pemenuhan kebutuhan otomasi untuk mengintegrasikan proses layanan kepabeanan dengan perijinan yang harus dipenuhi. 

Rencananya, INSW Gen-2 akan mengintegrasikan proses bisnis antar-Kementerian/Lembaga, mulai pengurusan perizinan hingga realisasinya (flow of document), serta pengelolaan pergerakan barang (flow of goods). Nantinya, pelaku usaha cukup membuka sistem INSW untuk semua pengurusan proses ekspor dan impor. 

Untuk penerapan INSW Gen – 2, Darmin menegaskan bahwa dibutuhkan komitmen di setiap K/L, karena akan adanya penghapusan form-form pengajuan perizinan yang selama ini ada di K/L. "Hal ini membutuhkan penyesuaian berbagai peraturan di tingkat Kementerian/Lembaga," tambahnya. (p/ab)